Minggu, 06 November 2011

Review The Adventure of Tintin : The Secret of the Unicorn The Game, Petualangan yang Epik


Ubisoft selaku developer game The Adventure of Tintin melakukan kerja sama dengan Peter Jackson dan Steven Spielberg untuk mengarap game yang diadaptasi dari film animasi 3D yang akan segera rilis di bioskop pada akhir tahun ini. Namun game yang mengunakan judul yang sama dengan judul film tersebut telah rilis terlebihi dahulu dengan menghadirkan gameplay klasik dan tetap mempertahankan nuasa dunia Tintin.
Story
Cerita game ini tidak sepenuhnya bedasarkan filmnya tapi merupakan gabungan dari kisah The secret of the Unicorn dan The Crab with the Golden Claws, yang mengisahkan tintin seorang wartawan remaja dan anjingnya Snowy sedang berjalan-jalan disebuah pasar yang teletak di kota Eropa dan mereka tertarik dengan sebuah model kapal Unicorn, yang ternyata model kapal Unicorn tersebut juga diincar oleh seseorang pria misterius yang jahat. Tintin menemukan beberapa keanehan dan secara tidak sengaja berhasil menemukan surat rahasia yang tersembunyi didalam model kapal Unicorn. Selanjutnya dalam game ini, kita akan memimpin Tintin dalam mengungkap misteri dibalik model kapal unicorn tersebut.

Gameplay
Game petualangan ini memiliki gameplay yang simpel. Level permainan juga didesain dalam sudut pandang yang berbeda-beda, yakni platform semi 3 Dimensi dan sudut pandang orang ketiga dilingkungan 3 Dimensi. Dimana karakter didalam game ini dapat memanjat dinding, melompat dan berayun dari satu platfom ke platfom lain, berenang dan menyelam di air. Ada juga level yang mengunakan pesawat terbang dan menembaki pesawat musuh yang berusaha menghentikan tintin, hingga kejar-kejaran mengunakan sepeda motor dan kita dapat membidik dan menembaki musuh-musuh yang mengejar.
Beberapa level permainan juga didesain untuk membutuhkan kerjasama antar karakter, seperti Tintin yang stuk di pintu terkunci dan mengharuskan Snowy menelusuri lorong kecil masuk kedalam ruangan dan membukakan pintu untuk Tintin. Ataupun Tintin dan kapten Haddock mengaktifkan 2 tuas secara bersamaan untuk membuka pintu, dsb. Disamping dari aksi-aksi seru diatas, game ini juga menyisipkan beberapa puzzle yang akan mengasah otak pemain dalan menyelesaikan. Walau puzzle yang dihadirkan tidak begitu susah dan gampang sekali untuk diselesaikan namun cukup adiktif, seperti kita harus menyusun 3 buah surat untuk mendapatkan kode rahasia ataupun memutar-mutar tiang layar pada model kapal unicorn untuk membentuk logo unicorn, dan sebagainya.

Dalam game ini, kita juga akan menjumpai beberapa tokoh lain yang hadir dikomik Tintin, bahkan kita juga dapat mengontrol mereka untuk beraksi, yakni Snowy, Kapten Haddock, Thomson dan Thompson, Castaflore. Tiap-tiap karakter juga memiliki keahlian masing-masing, seperti Tintin yang dapat menembakan tali pengait, Castaflore dapat melakukan double jump dan memecahkan kaca, kapten Haddock yang dapat mendorong kotak-kotak besar dan mendobrak dinding yang rapuh.

Mekanisme bertarung Tintin dalam game ini juga seperti di komiknya, yakni dapat memukul dan membanting musuh dari belakang. Tintin juga dapat melempar benda-benda seperti obor api, botol kaca, pot besar, dan lain-lain. Saat melempar akan muncul garis untuk mengarahkan dan membidik target yang kita incar supaya tepat mengenainya. Saat berhasil menjatuhkan penjahat, mereka akan jatuh dan pingsan dengan kepala yang dikelilingi bintang-bintang kecil yang berputar.
Digame ini kita juga akan bertemu dengan penjahat yang modelnya kurang bervariasi dalam sebuah level permainan. Penjahat digame ini cukup gampang dengan kepintaran AI yang sangat rendah, seperti contoh saat kita bergumul dibelakang penjahat yang lain masih saja tidak sadar. Namun pada akhir level permainan kita akan berhadapan Boss penjahat yang lebih tangguh dan untuk dapat mengalahkannya kita mesti memerlukan trik. Seperti saat menghadapi Boss penjahat Allan, kita harus menghindari tembakan senapan dan memancing dia untuk melemparkan dinamit pada tumpukan kembang api yang terkena ledakan akan terbakar serta meluncurkan roket ke arah dia.
Add caption

Graphic
Game ini berhasil mengkombinasikan adanya level permainan 3D dan semi 3D dengan baik sekali serta adanya beragam warna yang cerah dan tajam menghiasi lingkungan permainan yang terlihat berbobot. Kemudian animasi gerakan Tintin saat berlari, melompat, dan berkelahi terlihat halus dan luwes. Untuk model karakter Tintin dan tokoh-tokoh lain juga berhasil dihadirkan sangat mirip dengan versi komik maupun film layar lebarnya. Sedangkan dari segi audio, suara akting dari karakter Tintin dan kapten Haddock juga terdengar bagus dan bervariasi.
Overall
Walau musuh pada game ini sangat gampang dikalahkan serta puzzle yang telalu simpel, namun desain level permainan yang adiktif dan bervariasi membuat game petualangan ini benar-benar sangat menarik dan menyenangkan untuk dimainkan segala umur.
The Adventure of Tintin : The Secret of the Unicorn The Game
Developer : Ubisoft
Publisher : Ubisoft
Genre : Adventure
Platform : PC, Xbox360, Playstation3
Score
Gameplay  80
Graphic  75
Sound  75
Overall  80
Add caption


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link Within

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Google+ Badge