Jumat, 12 Agustus 2011

Awal Perkembangan Blog

Awal Perkembangan Blog


 








Blog, atau ada pula yang menyebutnya Weblog, merupakan istilah yang pertama kali "ditemukan" oleh John Barger pada bulan Desember 1997. John Barger menggunakan istilah Weblog (dari Web + log) untuk menyebut website-website yang berupa catatan harian seorang Websurfer (serupa dengan Captain's Log dalam sebuah Pelayaran). Setiap hari, Websurfer tersebut menulis catatan dan link ke website yang ia temukan dan kunjungi, disertai dengan komentar dan opini tentang website lain tersebut.

Dalam hal ini, seorang Blogger memiliki peran sebagai pemandu Internet . Pada saat tersebut, dengan mengikuti berita di Blog, seseorang dapat mengetahui perkembangan berita atau Informasi apa yang tengah "Hot" di Internet. Dari sekedar daftar link, blog berkembang sebagai "catatan dan opini" yang dituliskan oleh para Blogger .
Hal inilah yang menjadi salah satu keutamaan Blog.



Bagian Blog yang mengandung "catatan dan opini" ini pulalah yang kemudian menjadi karakteristik utama Blog yang kemudian lebih dikenal dunia secara luas. Beberapa orang yang menganggap Blog hanya berupa catatan harian (diary) seseorang yang disimpan di Internet dan dapat dibaca orang banyak. Padahal pada mulanya, catatan harian tersebut hanyalah sebagian dan bukan bagian utama dari BLog.
Tidak salah ketika orang mengenal Blogger sebagai penulis catatan harian online karena tidak dapat dipungkiri bahwa kadang catatan pribadi seseorang seringkali dianggap menarik oleh orang lain. Makin jujur, terbuka, dan Informatif sebuah Blog, makin menariklah Blog tersebut untuk dibaca. Karena itu, selain memiliki Blog yang Informatif, Blog populer pada umumnya juga memiliki bagian Blog yang bersifat personal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link Within

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Google+ Badge