Senin, 15 Agustus 2011

Tips trik Ms.Excel

Tips trik Ms.Excel                                                                                                                                                              
excel_logo.gif









Excel, program pengolah angka buatan Microsoft ini cukup memusingkan bagi yang tak terbiasa menggunakannya, termasuk saya :D . Tapi sedikit tips dan trik bisa membantu Anda menggunakan Excel, pasti lama-lama Anda akan menyukainya juga he he he…
Menambah Tanggal dan Waktu
Untuk menambah tanggal pada Cell, tekan [Ctrl] sembari menekan Colon/Semicolon. Demikian juga untuk menambahkan waktu, tekan [Ctrl] + [Shift] sambil menekan Colon/Semicolon.

Mengganti Warna Tab

Anda bisa mengganti warna tab di Excel spreadsheet. Klik tab yang akan diwarnai, lantas pilih menu [Format] [Sheet] [Tab Color]. Tentukan warna dan klik [OK].
Menyembunyikan Sheet
Anda bisa menyembunyikan Excel worksheet untuk mengurangi lembar yang tampil di layar. Sorot Sheet yang akan disembunyikan lalu pilih [Format] [Sheet] [Hide]. Untuk menampilkan kembali klik [Unhide].

Membersihkan Format

Untuk membersihkan format di Excel spreadsheet, sorot Cell yang akan diubah lalu pilih [Edit] [Clear] [Formats].
Memonitor Cell
Gunakan Watch Window untuk memonitor Cell di Workbook lain. Untuk menambahkan Cell ke Watch Window, klik-kanan pada Cell tersebut dan pilih [Add Watch]. Anda bisa mengatur posisi Watch Window di atas atau di bawah toolbar standar Excel.
Menambah Quotes
Excel dapat mengenali simbol stock dan fetch stock quotes dengan menggunakan MSN MoneyCentral Investor. Pertama, aktifkan Smart Tags dengan memilih [Tools] [AutoCorrect Options] [Smart Tags]. Pastikan kotak “Label data with smart tags” sudah tercentang dan tekan [OK]. Buka internet dan masukkan simbol stock ke dalam Cell. Sebuah segitiga hijau kecil akan muncul di pojok kanan bawah Cell. Arahkan kursor di atas Cell, lalu klik ikon yang muncul dan pilih “Insert refreshable stock price.” Pilih “On a new sheet” untuk menampilkan quote atau kutipan pada Worksheet lain atau “Starting at cell” untuk menampilkan stock price pada Cell yang sedang Anda buka.

Mengubah Secara Bersamaan

Untuk mengganti typeface atau ukuran semua Cell di spreadsheet secara sekaligus, klik boks yang ada di pojok kiri atas.

Mengurutkan Data

Anda bisa mengatur ulang data di spreadsheet dengan mengeklik kotak yang ada di pojok kiri atas. Lantas pilih [Data] [Sort]. Pada jendela Sort, pilih kolom yang akan Anda urutkan dari atas ke bawah atau sebaliknya.
Sekian dulu, ntar kalau dah ketemu trik Excel lainnya pasti den tambahkan deh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link Within

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...