Jumat, 26 Agustus 2011

Apa itu super komputer

Kenapa dinamakan Superkomputer?
 Sama aja kayak penamaan Superman, superkomputer adalah istilah yang menggambarkan komputer yang memiliki kekuatan super yang tidak dimiliki komputer2 biasa pada umumnya. Aku akan jabarkan dalam kalimat2 yang mudah dicerna, yang pasti semuanya mengandung kata2 ‘besar’, hehe.. :
♣ Punya kecepatan yang luar biasa cepat dibandingkan komputer biasa
♣ Dengan kapasitas besar, maka ukuran fisiknya pun sangat besar dan dibutuhkan ruangan fisik untuk menampungnya (jangan mimpi deh kalo mau punya laptop/notebook superkomputer)
♣Kapasitas atau tempat penampungan data yang sangat besar
♣Membutuhkan aliran listrik yang tinggi dan stabil, listrik untuk sebuah superkomputer cukup untuk menerangi rumah2 di sebuah dusun dengan 20-30 rumah
♣Dapat melakukan banyak proses pengolahan data secara bersamaan
Bagaimana superkomputer dirancang dan digunakan?
Superkomputer pertama kali ‘diperkenalkan’ pada akhir dekade 60-an, mulai diproduksi secara spesifik pada dekade 70-an oleh Cray Research Company. Superkomputer mulai terkenal pada dekade 80-an di era dimana komputerisasi menjadi kewajiban bagi dunia bisnis (saat itu komputer probadi belum begitu populer dan belum banyak orang yang bisa menggunakan komputer) . Mulai dari processor, memori/RAM, penyimpanan data, cache memory, pita dan kabel data, sumber listrik . Strata memorinya yang tidak tunggal dan sangat banyak levelnya didesain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat. Sistem I/O nya juga didesain supaya bisa mendukung aliran data yang mengalir sangat besar dan melalui jalur data (bandwidth) yang lebar. Kata orang-orang yang pernah bekerja dengan superkomputer, jenis komputer ini tidak memberikan hasil yang bagus atau optimal untuk suatu pekerjaan-pekerjaan yang simpel seperti membaca kode program ataupun menyimpan server database ukuran kecil. Selain itu karena tingginya penggunaan listrik dan frekuensi kerja yang luar biasa besar, menyebabkan superkomputer sangat cepat panas. Untuk itu superkomputer harus ditaruh dalam ruangan khusus yang dilengkapi pendingin AC.
Berapa kecepatan pengolahan data superkomputer?
Kecepatan superkomputer diukur dengan satuan FLOPS (Floating Point Operations per Second). Kecepatan superkomputer rata2 adalah pada level TeraFLOPS (TFLOPS) yaitu level 10 pangkat 12 dan PetaFLOPS (PFLOPS) yaitu level 10 pangkat 15.
Pada bulan November 2009, superkomputer Cray XT5 Jaguar yang menggunakan prosesor AMD Opteron, dinyatakan sebagai superkomputer tercepat alias komputer tercepat di dunia. Komputer ini memiliki kecepatan proses pengolahan data pada frekuensi 1.759 PetaFLOPS (1.759*10 pangkat 15 FLOPS). Komputer ini berada di Oak Ridge National Laboratory, Tennesee, Amerika Serikat. Kebayang kan luar biasa cepatnya superkomputer bekerja.
Kapan superkomputer digunakan?
Superkomputer digunakan untuk pekerjaan yang melibatkan perhitungan dalam skala yang sangat intensif serta mendetail seperti prakiraan cuaca, riset cuaca dan iklim (termasuk riset pemanasan global), pemodelan atom dan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), server penyimpanan data yang sangat sering diakses dari luar, analisis skrip atau tulisan terutama yang menggunakan huruf2 yang bukan huruf alphabet/Latin, dll.  Hampir semua superkopmuter akan tetap menyala sepanjang waktu, oleh karena itu perusahaan biasanya akan menyusun sebuah tim atau bagian yang khusus me-maintenance keberadaan superkomputer ini termasuk sekuriti, di luar para pegawai atau peneliti yang menggunakan superkomputer ini bagi kegiatan perusahaan.
Siapa saja yang menggunakan superkomputer?
Superkomputer paling banyak digunakan untuk keperluan riset dan ilmu pengetahuan yang kebanyakan hasil pengolahan datanya akan berhubungan dengan kepentingan hidup masyarakat. Selain itu suerpkomputer juga banyak digunakan untuk keperluan pertahanan negara atau militer. Dalam jumlah yang tidak banyak, superkomputer digunakan untuk keperluan komersial atau mendukung operasi bisnis perusahaan karena memang harganya yang luar biasa mahal selain masalah efisiensi. Umumnya superkomputer digunakan paling banyak oleh lembaga atau perusahaan riset yang bisa jadi di bawah pemerintah, atau juga swasta. Di Amerika dan Eropa, kebanyakan superkopmuter digunakan oleh lembaga2 penelitaian dan ilmu pengetahuan yang disubsidi pemerintah dan berada di jalur koordinasi di bawah pemerintah negara yang bersangkutan. Contohnya Laboratorium Los Alamos di New Mexico, USA yang sangat banyak menggunakan superkomputer untuk berbagai keperluan riset.
Bisa nggak kita ‘menyentuh’ superkomputer?
Kalau tertarik ingin bekerja dengan superkomputer, tentu saja caranya adalah bergabung dulu dengan perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan superkomputer. Harganya yang luar biasa mahal dan mungkin bisa seimbang dengan biaya hidup sehari2 selama 20 tahun tentu saja akan membuat orang-orang awam tak perlu berpikir panjang untuk tidak memilikinya :-)
Superkomputer diproduksi oleh perusahaan apa saja?
 Produsen superkomputer terbesar saat ini adalah IBM, yang jumlah produknya meliputi hampir setengah dari total jumlah superkomputer di seluruh dunia, dibayang-bayangi oleh Hewlett Packard (HP).  Prosesor yang paling banyak digunakan adalah merk Intel. Sementara sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah Linux, yang memang sudah terkenal tangguh dan tidak mempan virus, selain juga banyak digunakan oleh komputer2 server di seluruh dunia.
Bagaimana eksistensi atau keberadaan superkomputer di dunia?
Superkomputer paling banyak ditemui di Amerika Serikat, 60% dari total superkomputer di dunia ada di negara adidaya ini. Disusul kemudain oleh Inggris, Jerman, dan Jepang. Kebanyakan dapat ditemui di laboratorium riset besar atau pusat penelitian ilmu pengetahuan negara-negara tersebut.
800px-roadrunner_supercomputer_hires
Roadrunner, Contoh Superkomputer
Copyright : Unless otherwise indicated, this information has been authored by an employee or employees of the University of California, operator of the Los Alamos National Laboratory under Contract No. W-7405-ENG-36 with the U.S. Department of Energy. The U.S. Government has rights to use, reproduce, and distribute this information. The public may copy and use this information without charge, provided that this Notice and any statement of authorship are reproduced on all copies. Neither the Government nor the University makes any warranty, express or implied, or assumes any liability or responsibility for the use of this information.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link Within

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Google+ Badge