Senin, 04 Juli 2011

Cara mengunci komputer pake flashdisk

Cara Mengunci komputer pake flashdisk
Disini ada opsi lain mengunci komputer, yaitu memakai software pengunci komputer yang kunci digitalnya disimpan ke flash disk. Jadi seakan-akan flashdisk itu adalah “kunci” komputer kita dan hanya dgn mencolokkan flash disk kembali baru komputer akan terbukaSoftware yg digunakan adalah YF-KeyInMyFD vers.1.0, sebuah software yg dikembangkan anak bangsa, team pengembang aplikasi lunakYogyafree. Software gratis yang dibuat sesederhana mungkin supaya user tidak mengalami kesusahan dlm penerapan & penggunaan. Software ini tidak perlu di-installportable dan dpt dipake di semua kompi Windows.
Jadi, sebenernya apa kelebihannya? Pertanyaan bagus. Jd intinya dgn software ini kalo kt akan mengunci komputer, kita hanya perlu mencabut Flash Diskyg udah kita pilih sbg “kunci”. Misalnya aja nih, kita sdg sibuk kerja di kantor, tau-tau kita dipanggil oleh atasan. Tentunya kita harus meninggalkan komputer utk segera menemui bos. Kalo kita mau men-save semua pekerjaan & menutupnya satu persatu tentunya bisa ngabisin waktu kan?. Tapi klo ga ditutup jg bisa2 hasil kerja kita diintip ama rekan kerja yg “usil” . Nah, jadi kita tinggal cabut flash disk, beres dah.
Cara Menggunakan
Utk menjalankan sebaiknya program ini di copy dulu ke hard disk. Jd ketika program dijalankan kt bisa bebas mencabut flash disk sementara program mengunci komputer.
Tampilan awalnya:
new-3
  • Klik “Find USB Flash Disk” untuk mencari path dimana flash disk terdeteksi oleh komputer.
  • Trus klik “Define”, maka akan muncul gambar dibawah ini. Tentukan flash disk & nama kuncinya.
new-4
  • Kalo sudah klik “save” lalu “Accept”. Program sekarang akan berjalan di belakang layar.
new-5
Ketika flash disk yang berisi kunci tidak terpasang pada komputer yang menjalankan YF-KeyInMyFD, maka mouse akan dibekukan dan akses ke komputer akan dibatasi. Kalo ada orang usil yg mau ngutak-atik komputer kita, akan muncul peringatan seperti ini:
new-6
Klo orang laen memasukkan flash disk yg tidak sesuai, maka penguncian akan terus berlanjut kecuali program menemukan flash disk dgn isi kunci yang sesuai.
Tidak perlu kuatir jg seandainya flash disk kita rusak atau hilang saat komputer dikunci, karena program ini tidak autorun dan kt tinggal mematikan komputer utkunlock, hanya resikonya data2 yg belum di-save tentu akan hilang. Jika urusan sudah beres, colok lagi flash disk kunci dan komputer akan dpt diakses lagi dgn normal.
Mantap kan? Semoga berguna!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link Within

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Google+ Badge